5 Situs yang Bisa Jadi Alternatif Nonton Video Selain YouTube

Jadi sebelumnya kita sudah membahas apa saja yang bisa membuat akun YouTube kamu diblokir. Pada beberapa hal, pemblokiran channel dan akun ini bahkan

Dunia sosial media РJadi sebelumnya kita sudah membahas apa saja yang bisa membuat akun YouTube kamu diblokir. Pada beberapa hal, pemblokiran channel dan akun ini bahkan membuat kamu tak bisa mengakses situs rajapoker selama beberapa waktu. Bila ini terjadi, jangan khawatir karena masih ada alternatif lain, situs untuk menonton video.

Namun selain alasan YouTube yang memblokir, diblokirnya YouTube di beberapa negara (Indonesia bahkan pernah ada wacana serupa) menjadikan penting untuk mengetahui alternatif apa saja untuk situs menonton dan membagikan video. Dan nilai lebihnya lagi, situs di bawah ini tak terlalu ketat mengani perlindungan hak cipta. Berbeda dengan YouTube yang justru sangat-sangat ketat dan memperhatikan sekali mengenai hak cipta masing-masing video (dan semua elemennya) yang ada di video di YouTube.

1. Vimeo

Vimeo mungkin saat ini menjadi pesaing paling berat dari You Tube. Dimana junlah vide di situs ini pun semakin bertambah dari waktu ke waktu. Yang tak kalah dengan YouTube. Selain itu, pada Vimeo pula terdapat lebih banyak konten, mengingat situs ini juga tak begitu ketat dalah hal hak cipta. Meski mengenai copyright masih menjadi sebuah hal yang terus diperhatikan dan dikedepankan di Vimeo.

Untuk kualitas video, Vimeo menyediakan kualitas yang sama dengan YouTube. Dan menyediakan video hingga kualitas 4K. Keunggulan lain, dari segi user dan komentar, Vimeo jauh lebih baik dari pada komentar di You Tube yang banyak berisi spam atau fans yang terlalu frantic.

2. Dailymotion

Saingan berat dari YouTube yang kedua adalah Dailymotion dimana di situs ini, pengguna bisa mengunggah video mereka sendiri dan nantinya ditonton oleh banyak pengguna Dailymotion yang luas. Selain itu, tampilan dari situs ini pun nyaris bahkan sangat mirip dengan You Tube. Dimana akan terdapat trending video hingga pemisahan video berdasarkan kategori yang berbeda.

Keuntungan lain dari Dailymotion, tak ada banyak masalah mengenai hak cipta. Yang membuat banyak pengguna Dailymotion yang mengunggah video buatan mereka sendiri atau reupload dari video di YouTube. Yang terakhir sebenarnya tidak boleh bahkan berbahaya untuk dilakukan, namun tetap sayangnya banyak yang melakukan.

3. Metacafe

Metacafe berpusat pada video pendek. Ini berbeda dengan YouTube yang videonya bisa sangat panjang bahkan selama puluhan jam nonstop. Film, animasi video, hingga musik video pendek bisa didapatkan dari Metacafe ini. Yang membuat berada di situs ini menjadi semakin betah.

Keunggulan lain, sama seperti YouTube, Metacafe pun akan membayar pengguna yang mengunggah video. Namun tentunya hanya jika video tersebut sendiri sudah ditonton lebih dari 20,000 kali. Nah tentu saja sekarang tantangannya ada pada apakah kamu mampu membuat video yang bisa ditonton lebih dari 20,000 kali?

Di Metacafe ini, kamu juga akan bisa melihat apakah video kamu terkena copyright atau tidak.

4. Twitch

Untuk kamu yang hobi menonton video game, terutama reaksi hingga cara bermain video game, lengkap dengan tutorialnya langsung dari para gamer lain, maka Twitch sudah pasti menjadi pilihan. Tampilan dari Twitch memang yang paling berbeda dari YouTube. Namun rasanya tak akan menjadi masalah mengingat bagaimana keunggulan yang diberikan.

Mengklaim dirinya sebagai sebuah website nonton video yang berpusat pada game, maka memang benar di Twitch nyaris 95 persen video yang ada berkaitan dengan game. Selain itu juga terdapat chatroom yang membuat kamu bisa saling berbincang dan berbagi pengalaman dengan para gamer yang lain. Cukup seru, bukan?

5. Veoh

Untuk kamu yang memiliki koneksi yang terbatas, maka Veoh bisa menjadi pilihan. Di Veoh, dengan tampilan yang sederhana memang menjadikan proses membuka video menjadi jauh lebih cepat. Selain itu di situs ini, juga mendukung banyak sekali pilihan untuk video apapun yang diunggah. Dengan banyak dukungan format pula.

Selain itu, Veoh mengijinkan untuk mengunggah video dengan ukuran besar hingga kecil. Karena berbeda dengan YouTube, tak ada batasan mengenai ukuran yang diunggah pada video tersebut. Bisa saja yang diunggah berukuran besar atau malah berukuran kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *